Rabu, 01 April 2015

HAC : geger warna hijau.


Warna hijau. Warna hijau adalah warna dasar yang berasal dri gabungan antara warna kuning dan biru. Banyak orang yang suka dengan warna hijau karena warna ini erat kaitannya dengan dedaunan dan alam sehingga memberi kesan sejuk,nyaman & menenangkan. Tak heran, anas bin malik berkata bahwa warna kesukaan Rasulullah saw. Adalah warna hijau...




Lalu ada apa dengan warna hijau?....

Yaps. Masih soal pendakian gunung. HAC rencana nya akan mengunjungi gunung lawu. Gunung yang memiliki ketinggian +/- 3265 mdpl ini berlokasi di perbatasan jawa tengah dan jawa timur. Gunung ini terkenal dengan keangkerannya dengan berbagai macam cerita mistis, salahsatunya adlh larangan memakai pakaian berwarna hijau. Mengapa demikian? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, di artikel ini akan ane jelasin pendapat ane mengenai larangan2 tersebut. Cek.it.dot.

Tulisan ini ane bikin pd H-2 sblm HAC brngkt ke lawu, tepatnya pada awal april 2015. Sblm berangkat, kita rapat utk ngebahas hal teknis hingga mistis dlm perjalanan ke lawu besok lusa. Yaps. Temen2 pada geger dengar larangan di lawu yg katanya dilarang memakai pakaian berwana hijau. Hal ini membuat sontak yg lain. Karena slh satu dri tim kami ada yg memang penggemar berat warna hijau, siapa lagi klo bukan teh ejo. Dan yg lainnya juga sebagian peralatan outdoornya berwarna hijau... Hadohh.. Lalu kenapa ada larangan tersebut sih? Bikin bete deh... Hahaha

Ini pandangan ane mengenai tempat2 wisata di jawa tengah. Memang, tempat2 wisata di jawa tengah menyajikan cerita mistis tersendiri yang terkadang menyesatkan logika dan blm dapat dipercaya 100% kebenarannya oleh msyrakat modern sprti sekarang ini. Salahsatunya ada larangan memakai pakaian berwarna hijau pada sebagian tempat wisata diantaranya sepanjang tempat wisata di pantai selatan dari ujung kulon sampe jawa timur dan tempat2 wisata lainnya seperti di candi, curug maupun gunung, dan lainnya..

Setidaknya ane punya 2 fakta dari baca2 blog orang dan pengalaman pribadi ane sendiri.

1. Larangan memakai baju hijau di pantai selatan.

Banyak orang mengira, bahwa jika ada orang yang memakai baju hijau saat berenang di pantai selatan, org tsb akan diculik oleh kanjeng ratu nyi roro kidul. Kuwi lho, ratu penguasa pantai selatan yang entah esih hidup opo mati. Ono opo ora. Akeh wong sing blm ngerti

keberadaane. (Tuh kan jawa ane keluar.wkwkwk) Logika ane sih. Kalopun dia masih ada, seharusnya dia ikut aturan pemerintah yang sekarang kepemimpinannya dipegang oleh presiden. Klo dia mau berkuasa berarti harus bikin negara sendiri lagi kan.. Ya kan.. Ya kan... :p

Nah. Ketika ane baca blog orang di http://m.kaskus.co.id/thread/52d372ff108b4624158b45fc/alasan-logis-kenapa-kita-tidak-boleh-pakai-baju-hijau-di-pantai-versi-ane , ternyata orang yang memakai baju hijau saat berenang d pantai lepas beresiko tinggi utk kena musibah. Diantaranya adalah musibah terseret arus deras dan dimakan ikan HIU (naudzubillah).. Karena hasil penelitian membuktikan, bbrp jenis HIU mendeteksi objek berdasarkan intensitas cahaya dan hanya warna hijau yang bisa dia liat. Jadi ketika ada orang yg berenang deket hiu pake warna hijau. Mungkin hiu menganggapnya penyu hijau atau cendol yg lezat jika disantap.. Wkwkwk... Bukan diculik nyi roro kidul.

Terlepas dari takdir Tuhan, ketika kita percaya bahwa hidup mati kita berada di tangan Allah swt. Penyebab dari kematian tsb bisa dibuktikan dengan olah kejadian tkp. Dan yang masuk akal dri kejadian diatas adalah krna arus deras dan terkaman hiu. Bukan karna hal mistis yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

lukisan nyirorokidul
hiu


2. Larangan memakai pakaian hijau di Kahyangan, wonogiri.

Ini pengalaman pribadi ane saat mengunjungi objek wisata kahyangan pada libur lebaran tahun lalu. Tempat wisata ini mempunyai sejarah yang erat kaitannya dengan panembahan senopati. Selengkapnya mengenai objek wisata ini Bisa di liat di http://itsmygreenland.blogspot.com/2013/11/pesona-objek-wisata-spiritial-kahyangan.html

Pada saat ane ke sana ada larangan seperti yg tercantum gambar di bawah ini. Entah apa maksudnya ada larangan untuk berpakaian warna hijau di sini. Secara ini bukan laut lepas yang banyak hiu nya kan. ???



Tujuan ane ke sana adalah untuk mencari batu growok yg suka dijadikan tempat i'tikaf orang2 setempat pada malam selasa kliwon atau jum'at kliwon. Pdhl tiap ane pulkam ke wonogiri ane selalu berkunjung ke sini. Tp batu growok bukan menjadi fokus ane sblmnya. Ane awalnya berangkat berempat, ane,ade ane(harri leutik),sepupu ane (iwan), sama bokap ane. Setelah explore sampe jauh dan nggak ketemu. Akhirnya sodara ane yg asli orang wonogiri (mas ibud) nyusul untuk memberi tahu lokasi dari batu growok tersebut. Hadeh.... Bokap padahal lama di sana. Tapi ga tau lokasinya. :'(
objek wisata kahyangan wonogiri...


batu growok

Setelah menemukan batu growok dan foto2 di sana ane menuju pemandian kahyangan (kedung tempat bertemunya kedua arus sungai) sebelum akhirnya pulang. Di tempat ini bnyk orang, karena titik pusat dari objek wisata ini adalah di pemandian kahyangan ini.. Keren kan..









Nah. Di tempat tsb ane kaget, karena menjumpai orang yang berpakaian warna hijau. Dan orang yang berpakaian warna hijau tersebut ternyata wanita Muslimah dengan busana hijab yang serba hijau. Ayu tenan, jiaaann... Lik, aku yo pengin kenalan tpi esin karo bapak. Kenalin aku donk lik.. Wkwkwkwk...

Ya. wanita yg berbusana hijau tersebut tidak mengalami apa2 dan mudah2an selamat sampai kembali ke rumahnya.. Yang perlu diperhatikan dari wanita tsb adalah dia tetap menjaga auratnya. Bukan masalah larangan baju hijaunya. Tapi perintah dari Alloh lah yang dia pilih untuk standart berpakaiannya. Subhanallah... Mudah2 an (klo jodoh) eh.....semoga. Eh.... Aamiin..

maaf mba, nggak ijin dlu pas posting. mbok waktu itu kita kan blm kenal. lgi juga aku ngambil fotonya nyuri2... maaf yo mbak. hehehe
Hal ini menjadi bantahan terhadap larangan berpakaian warna hijau. Sekali lagi, bukan bermaksud untuk tidak menghargai adat di daerah tersebut.. Tapi setidaknya pemahaman yang benar akan dan memang harus menghapus adat2 yang tidak masuk akal apalagi yang bertentangan dengan keyakinan atau aqidah..

Karena memang dalam islam sendiri tidak dilarang untuk memakai pakaian dgn warna2 tertentu asal memenuhi syarat2 yg syar'i yaitu menutup aurat dan tidak berlebihan dalam berpakaian (tabbaruj). Karena Allah swt. tidak suka hambanya yang berlebihan dalam berpakaian dan hal yang lainnya. Selengkapnya dalam adab berpakaian bisa diliat di http://khalifahsains.blogspot.com/2011/09/warna-hijau-warna-islam-warna.html?m=1

kebayang kan, kalo kita terlalu berlebihan dalam berpakaian,, apalagi menghiasi seluruh tubuh kita dengan warna hijau.... uh. nggak deh?!

kalo di dunia nyata, jangan contoh berpakaian seperti mereka ya...


Mungkin itu sedikit pendapat ane mengenai larangan warna hijau disebagian tempat wisata di jawa tengah dan timur. Silahkan cerna sendiri menurut pemahaman masing2. Semoga artikel ini dapat membantu mencerahkan pemahaman para pembaca. Hal2 yang ghoib memang ada. Dan hanya Allah lah yang tau hal2 ghoib tersebut. Kita hanya bisa mempercayainya saja setelah tahu dari dalil2 yang terdapat dalam alquran dan sunnah. Terima kasih.



Post by. Genta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar