Senin, 23 Maret 2015

Gunung Cikuray

Cikuray oh cikuray....

Berawal dari kepenatan pikiran ane tentang kerjaan yang gak ada selese nya (fuck :D:P) terbesit lah keinginan kaki ini buat nyaba kembali sang tanjakan PHP, akar2 melintang dan jagonya bikin orang nenggak gak ada hentinya... Yaa cikuray di garut jawa barat..

Next... A'm prepare..

Seperti biasa salah satu kewajiban anggota tim HAC  ketika akan melakukan pendakian adalah meng-up rencana tersebut di group pribadi milik HAC.. Dan OMG.. Yg lain pada sibuk ini, sibuk itu dan termasuk bebep aku ( aeh :D ) yg juga salah satu Tim dari HAC tidak bisa ikut karena satu dan lain hal.... Ooooooohhh disitu kadang saya merasa sediah :D (alay dikit ala polisi ngonoh :D)..

Otak pun berpikir, doa pun terucap, racun pun terbesit :D ekekekek... Yaaa genta jawaban nya.. Sang penakluk gunung bongkok di trip pertamanya dia ini menjadi sasaran racun gua saat itu.. :D... Dengan bermodalkan pengalaman sedikit merayu2 gambaran tentang cikuray dan akhirnya OK deal...... :D alhmdlh..... Genta menyanggupi nya buat joint kesana,,
Berdua no problem asalkna SOP n safety first is no 1.. Are you ready.... Yeahhh...

Breafing pun dimulai.. Kopdar kecil2an buat menentukan tanggal dan kesiapan pemberangkatan,,

Jeng jrenggggggg... 12 - 14 september 2014 terpilih lah sebagai tanggal pemberangkatan,,
Tak sengaja buka2 salah satu medsos para pendaki, kebetulan ada yg berangkat tanggal segitu, alhasil ane pun tuker2n nope sama dia, fahmi ( sispala dr bandung)

Berangkat..........

Tiba saat nya buat gendong keril kesayangan yg udah ngebugrug seperti mau pindahan aja :D.. Ane stay jam 4 sore di parcom ( pertigaan jalan propinsi yg dilewati bis2 AKDP di purwakarta )

Garut am coming again... Cikuray oh cikuray...
Semangat 1945 trus naik jadi semangat 2014 :D.. Seakan2 udah tidak sabar buat nginjekin kaki lg di cikuray (kali kedua ane kesana setelah sekian lama)...

Patrol adalah daerah tujuan pertama kita, disana pa saep (ojek cikuray) sangat setia menunggu kita sambil sesekali telepon tanya keberadaan kita yg dalam perjalan :D.. Romantis juga y pa asep :D akakakak... Tiba di patrol sekitar pukul 21.00 dan setelah bertemu pa asep cs, kita pun langsung berangkat menuju pos pendakian, transit sebentar buat isi logistik yg kurang di warung uwa (uwa batur :D :p )..
Lanjut pos pendataan, kena retribusi 10 ribu ( :( kita naik saat itu lg kisruh kepengurusan, salah satunya tentang retribusi ) well... No problem, kita lanjut aja anggap noh 10 ribu buat jagain tempat main kita :)...
Pukul 22.00 tiba lah kita di camp pertama, gak ada yg rubah dari patrol ke camp pertama camp pemancar, jalannya tetep belok2 :D,nanjak tak bertuan, udah kaya masuk dalam blender :D.. ane pikir sudah pake gondola eh ternyata belum ekekekek..

Prepare terakhir pun dilakukan, ane sama si genta breafing sebentar dan memutuskan buat run besok pagi jam 3an.. Oke no problem.. Buka tenda ciat..ciat..ciat.. Jadilah tenda kesayangan ane berdiri gagah dipinggir pos volunteer cikuray..
Sembari ngangetin badan dan buat secangkir kopi di suasana garut yg gak pernah panas, mau siang tetep aja dingin, apalagi malem ueeeehhhhhhhhhh.. Gelebuk..gelebuk suara angin menyapa tenda ane dengan sedikit gak ramah, tirissssss... Hehehe..
Well..cuaca malam itu gak ganggu kita buat santai sejenak sebelum tidur,,
Tak lama kemudian terdengar suara orang2 yg turun dari mobil bak terbuka, oy... Ini dy sispala yg janjian di medsos sama ane, bersalam2an lah kita sembari memperkenalkan diri masing2, mereka berjumlah 13 orang (klo gak salah...)
Cewe 4 sisa nya berkumis semua :D..
Mereka pun akhirnya ikut nenda terlebih dahulu bareng kita..

Bobo.........

Teng..teng..teng bunyi alarm di gedung tua, saik banget tuh lonceng sampe kedengeran ke gunung.. Hahhaa.. Gak bro.. Itu hanya kiasan dari sang penulis yg puitis aja :D..

Ane sama si genta bangun, bikin sarapan, prepare ulang dan packing.. Tepat jam 3 lebih kita start pendakian,, yaa..yaa..yaa.. Begitupun sama mereka anak sispala yg ngikut rundown kita... Gak apa2 lah itung2 cari barengan cari tumpangan keril saat ane gak kuat nanti.. Hahaha.. (Pendaki tua bgt y...)

Naik..naik ke puncak gunung dingin, dingin sekali,,, gila bro.. Cuacanya beuhh... Bikin gak hanya gigi yg gerontokan, bulu kaki pun ikut gerontokan :D..:D...
But gak bikin semangat jadi kendor, tetep maju terus...
Sampai di pos 2, tetap shalat no 1, break... Shalat dulu ta, okee.......
Lagi lagi anak sispala ngikutin juga hehhee.. Walapun sudah ane tawarin bisi rek tiheula sok weh, maklum da uing mah pendaki aki aki, alias pecel lele :D..
Tapi mereka tetep ngikutin kita.. Yasudahlah, anggap kita jadi tim pendakian dadakan saja :D.. Yoo yoo yoo.. Puncak sebentar lagi, tidak banyak vegetasi yg berubah saat dulu dan sekarang, tiap pos hingga pos bayangan masih menyajikan akar belukar yg menghalangi jalan,,,

Yes puncak bayangan sudah terlewati dan ini menandakan puncak utama sebentar lagi, semangat...
Saat sedang asik melangkah menapaki ukiran ukiran di tanah yg dibentuk oleh air hujan dan injakan para kaki pendaki :D..
Break... Teriakan si genta menggemparkan alam di garut :D..
Kenapa lu ta? Tanya ane yg liat jalan nya sudah gak sempurna lg, (lagu kali :D).. Kaki gua kena kang..*sahut genta dengan wajah memelas penuh, harap ada tukang pijit dijalan :D :D.. Jangan harap ta, ini gunung bukan tempat pijit apalagi pake plus plus hahaha.. Tett... Lanjut..
Tapi masih bisa ta, .. Bisa kang jawabnya.. Oke akhirnya ane mutusin buat pisah dan running duluan karena cuaca makin puanaas juga, dan buat kebaikan si genta, dengan maksud nyampe puncak, dirikan tenda dan genta bisa langsung istirahat,

This is it.. Puncak pemancar cikuray, garut jawa barat..
Sempurna..........
Gak banyak kata, ane langsung diriin tenda dsb, setelah selesai semuanya, tepat sahabat ane sampe, welcome ta...... Cikuray :)... Dengan wajah sumringah, ane sama genta pun bersalaman, ala koboy yg berdamai di peperangan hahaha....
Genta langsung masuk tenda, dan sejenak melepas lelah...
Aman ta.... Aman kang sahut dia, :).. Syukurlah,, perjalanan kita kurang lebih 6-jam terlewati..
Tak lama kemudian satu persatu sispala yg dari bandung pun berdatangan, dan akhirnya mereka ijin, dan mendirikan tenda berdekatan,, okee'' no problem selama tidak mengganggu lahan ane buat tidur hehehe.. ( Napalima ) sispala tersebut.. :)

Siang itu panas pake banget spesial keringet,, yaa.. Karena puncak cikuray tidak banyak pepohonan dan tanahnya yg berdebu, bikin nambah penderitaan aja :D...

Malem pun tiba, kopdar pun ada....
Sambil tukar pengalaman waktu berangkat hingga di puncak, sispala itu ternyata baru ke cikuray, yaaa... Inilah cikuray dengan semua medannya,,

Teng teng teng,, bunyi lonceng dari gedung tua terdengar lagi (hahahaha alay)... Tanda persiapan tidur..
Genta udah masuk SB duluan, sementara ane sama sufi (sispala itu) masih didepan unggun yg menyala dan menari2 karena angin,,, malam itu angin sangat tidak bersahabat.....

time to sleep... ZzzzZZZZzzzzzzzzz....

Belum lama narik SB, sudah terdengar riak2 orang yg lalu lalang... ( Ane serasa belum tidur apa memang tidurnya tibra :D.. Hahaha ) oh ternyata memang sudah pagi guys... Dan ane mutusin buat bangun,,, ta..ta....diluar ada pasa dadakan,, ah dy tidak bersahut, sepertinya dy masih bercengkrama dengan SB nya...

Oooohhh noooo.. Saat keluar melihat sudah penuh dengan tenda2 yg hampir 100% area puncak padat, dan orang2 sudah berdiri, hilir mudik, dengan lsr-nya, tongsis-nya, tongbro-nya, apaalaah... Pokonya udah penuh banget dengan yg mengejar sunrise...
Ohhhh no.. Seketika excited buat sekedar liat sunrise pun hilang,, memang ane pribadi buat sunrise ataupun khususnya puncak bukan tujuan utama,, yah tak apalah memang sudah nasib nya,, heuuu..

Tak lama kemudian sang genta pun terlihat :D.. Sahabat ane yg paling kece ini sudah memegang handycamp nya.. Entah lah.. Ta l mau ambil foto saat kaya gini,, cuma senyum aja yg dy tunjukin hahhaha.. Pasrah ta, mau digimanain lagi Yooyooo.. Ta mendingan kita masak, prepare, packing trus pulang deh, abis liat kondisi nya udah kaya pasar banget, tidak akan asik klo buat sruput kopi sambil nikmatin sunrise... Yoi.. Genta langsung sepakat.. Kita makan, packing, dan pamitan,,,,,
Dadah puncak... Semoga kita bisa kembali lagi, tak lupa salam n foto buat Tim HAC tercinta ini....wajib jadi oleh2.. :)..

Perjalanan pulang lancar, sepanjang jalan kita pungutin yg namanya sampah2 dari para pendaki abal-abal ( fuck ).. Alam cikuray jadi kotor, banyak yg pi*is di botol minum bekas dan ditaro gitu aja... Sakit :( nya tuh disini.. Hiks....
Ambil trus... Walaupun baunya udah kaya apa y? Udah bau sebau baunya deh.. Parah...

Jreng jreng... Pos pemancar sudah terlihat, kita dengan sekarung sampah, ditambah puluhan botol bekas, begitu juga sama genta yg bawa sekarung penuh, tetep semangat bawa turun (bukan sombong n pamer, hanya buat peduli saja terhadap alam cikuray)

Ada yg lucu guys.. Saat pulang menapaki turunan2 akar si genta dengan permasalahan yg sama yaitu di kaki nya, mungkin sudah disposible lagi buat running atau sekedar jalan cepat, berkali kali dia bilang suruh ane jalan duluan,, sory ta.. Ane langsung tolak perkataan itu,, kita harus sampai di pos bareng2, ini beda kondisi dengan berangkat, pulang mau keadaan apapun ane temenin ta... Cieee.. Hahay.. Takut kenapa2 bro, anak orang, tar bokap nyokap nya komplain klo kenapa2..

Finishhhhh...... Kita berdua sampe di pos pemancar,
Rest n tak bosan cheking keril dsb,
Persiapan pulang...
Barengan sama anak jakarta yg kebetulan mau pulang juga, akhirnya kita sewa satu angkot buat bawa kita ke terminal guntur...
Sampai juga diguntur dan kita berpisah.. Sayonara abang2 dari jakarta..
Ane ama genta nunggu bis yg ke arah purwakarta..
Sambil nunggu akhirnya bis datang dan kita pulang... :'(... :) ...
Tepat jam set 7 malem tanggal 14 sept 2014 kita sudah berada di kota tercinta, purwakarta...

Cikuray dengan segala kejadian yg dialami saat pendakian...

Pendakian... Telah memberikan sejuta pengalaman baru, kagum saat menjajaki kembali sang lisung (istilah tempat nanak nasi orang sunda) yg terbalik ini... Tetap tiada daya dan kekuatan kecuali berserah dan mensyukuri ciptaan Allah Ta'ala ini.. Maha besar Allah dan kita amat sangat kecil,
Jadikan lah di setiap pendakian itu untuk menanamkan kerendahan hati, pribadi yg kuat, berdisiplin tinggi.. Jangan hanya sekedar mengambil foto tapi ambillah hikmah yg terjadi, jangan hanya memangkas waktu, tapi pangkas lah juga keegoisan diri,,